CRITICAL JOURNAL REVIEW

LAPORAN CRITICAL JOURNAL REVIEW

NAMA : KHAIRUL YOGA PRATAMA
NIM : 0601173098
KELAS : ILMU PERPUSTAKAAN 2/ SEMESTER IV

Identitas Jurnal

Judul Artikel : Information system users’ creativity: A meta-analysis of the link between IT use and creative performance

Judul Jurnal : Information Technology & People

Penulis         : Darius Pacauskas dan Risto Rajala,

Tahun Terbit : 2017

Sumber Database: Emerald Insight

Alamat URL : https://doi.org/10.1108/ITP-04-2015-0090

Tanggal Akses : 17 Mei 2019


BAB I 
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Di era modern ini dibutuhkan yang namanya sebuah informasi yang cepat didapat dan akurat dari isi informasi tersebut. Informasi merupakan sesuatu hal yang penting di dalam suatu organisasi ataupun individu untuk membentuk dan membangun suatu kinerja kreativitas dalam menjalankan suatu kegiatan. Seiring waktu yang cepat berlalu dan berubah ke zaman yang semakin modern, teknologi informasi telah membantu manusia dalam berkreativitas ataupun berorganisasi. Berbagai literatur sistem informasi penuh dengan cara dari faktor-faktor yang dikaitkan dengan penggunaan atau penerimaan TI oleh pekerja, pengambilan keputusan, dan manajer. Para ahlipun menemukan pendekatan perilaku Sistem Informasi pada pendekatan psikologi. Kinerja merupakan suatu prestasi yang dicapai oleh karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. 
Mengkritik sebuah jurnal atau lebih adalah salah satu kegiatan yang harus dikuasai oleh siswa maupun mahasiswa. Terlebih lagi teruntuk kita sebagai calon pendidik dan pengembang bangsa. Banyak jurnal-jurnal yang tersebar sekarang ini yang bisa kita jadikan referensi dan kita buat sebagai bahan penelitian atau dikritik.
Dalam penulisan Critical Journal Riview ini menguraikan tentang kelebihan dan kelemahan dari sebuah jurnal sebagai bahan tugas dari matakuliah Sumber Informasi Sosial dan Humaniora, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di dalam menilai sebuah karya tulisan ilmiah seperti jurnal ini. Dalam penulisan ini bukan bermaksud untuk menyudutkan atau menyalahkan beberapa pihak tertentu. Baik itu dari kritikan dari hasil pengamatan dari mahasiswa. Karena emang pada dasarnya tidak ada suatu karya tulisan yang memiliki kesempurnaan dalam penulisannya dan hasilnya. Dengan demikian, diharapkan tidak ada pihak-pihak yang tersinggung atas penyajian CJR ini, karena ini dibuat dari hasil pengamatan dan opini dari mahasiswa yang membaca.

1.2. Tujuan Penulisan
a. Memaparkan review hasil penelitian
b. Mengidentifikasi tujuan dari penulisan jurnal
c. Menjelaskan hasil penelitian
d. Menganalisis keunggulan dan kelemahan jurnal

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Riview Jurnal
Jurnal ini mengacu pada teori aliran dan beban kognitif untuk membangun model pengaruh terhadap kinerja kreatif seseorang. Para penulis berpendapat bahwa teknologi informasi mendukung kreativitas dengan melibatkan individu dalam proses kreatif dan dengan menurunkan beban kognitif mereka terkait dengan proses. Untuk menguji hipotesis ini, penulis menggunakan meta-analisis struktural pendekatan pemodelan persamaan menggunakan 24 studi sebelumnya pada kreativitas dan penggunaan sistem informasi. Isi dari jurnal ini menyiratkan bahwa kombinasi dari teori aliran dan beban kognitif melengkapi pemahaman tentang bagaimana sistem informasi mempengaruhi kreativitas. 
      Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang hubungan antara penggunaan sistem informasi dan kinerja kreatif terhadap individu. penulis mulai penelitian ini dengan pertanyaan tentang bagaimana menggunakan sistem informasi berpengaruh terhadap proses kreatif mereka pada umumnya. Sejumlah penelitian telah berfokus pada bagaimana meningkatkan aspek kinerja kreatif individu, dan kita tahu bahwa penggunaan canggih teknologi yang tepat dapat membantu individu secara maksimal dalam proses kegiatan kerja mereka. Sebagai contoh, penelitian terakhir menunjukkan bahwa sistem informasi dapat mempengaruhi kreativitas seseorang dengan melibatkan mereka dalam proses langsung, dan dengan melengkapi mereka dengan informasi yang berguna. Karya ini memperkaya proposisi tersebut dengan menggunakan teori aliran dan teori beban kognitif.

2.2 Keunggulan Artikel
a. Kegayutan Antar Elemen
Metode yang digunakan dalam penelitian pada jurnal ini ada 6 cara yang dilakukan dalam mencari hasil yang diinginkan dalam mengetahui tentang pengaruh sistem informasi terhadap kinerja kretivitas pengguna. Keenam metode itupun selaras dalam mencari hasil penelitian, pada dasarnya dari metode yang digunakan oleh penulis pada jurnal ini sudah cukup bagus. 
b. Originalitas Temuan
Setiap teori dan konsep yang dipakai dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis bertuju pada kedua hasil yang dicapai dengan menggunakan dua cara yaitu hasil HOMA dan MASEM. Dimana model HOMA ini telah menjadi alat dan epidemiologi yang banyak digunakan, bila digunakan dengan cepat dan tepat, dapat menghasilkan data yangakurat dan berharga. Begitu juga halnya dengan MASEM, yaitu model analisis yang digunakan untuk pendekatan dari statistik untuk memperoleh estimasi yang dikumpulkan dengan kebenaran umum.
c. Kemutakhiran Masalah
Pada kemutakhiran masalah yang terdapat pada jurnal ini bisa menjadi problematika terhadap setiap individu dalam menyikapi perkembangan sistem informasi dan pokok permasalahan dalam jurnal ini dapat memberitahu kita bahwa kombinasi dari teori aliran dan beban kognitif melengkapi pemahaman tentang bagaimana system informasi mempengaruhi kreativitas.

2.3. Kelemahan Artikel
a. Kegayutan Antar Elemen
Setiap elemen yangada di jurnal ini memiliki informasi yang membingungkan pembaca dengan istilah-istilah baru dalam sistem informasi, dan juga pengelompokkan aspek sangat begitu banyak.
b. Originalitas Temuan
Penelitian ini adalah lanjutan dari penelitian yang sebelumnya, dimana berarti penelitian ini sering diteliti, sehingga mempunyai kecenderungan untuk mengambil beberapa gagasan dari pakar informasi dan teknologi yang ada.
c. Kemutakhiran Masalah
Masalah ini masih terbilang cukup kurang dari pembahasan mengingat dalam jurnal ini penulis memberitahukan masih ada keterbatasan temuan, penelitian ini ditafsirkan dengan hati-hati. Namun, keterbatasan ini memberikan jalan yang menarik untuk penelitian lebih lanjut. Beberapa aspek dari cara sistem informasi digunakan akan mempengaruhi pengguna.


BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Jadi kesimpulan yang dapat saya ambil dari Jurnal asli maupun hasil dari CJR ini adalah bahwa setiap semua jurnal memiliki keunggulan dan kekurangannya. Di satu sisi keunggulan dari jurnal yang saya bahas ini adalah pembahasannya yang sangat menarik dan dapat dijadikan bahan penelitian mengenai sistem informasi bagi mahasiswa ataupun para pendidik yang ingin mengetahui pengaruh dari sistem informasi terhadap kinerja kreativitas penguna informasi tersebut. Jurnal ini cocok digunakan oleh semua mahasiswa terkhususnya mahasiswa prodi dibidang ilmu perpustakaan untuk menambah pengetahuan tentang banyaknya konsep dan penelitian dari sebuah kajian terhadap sistem informasi.
3.2. Saran
Saya menyadari bahwa hasil CJR ini tidak terlepas dari kesalahan maupun kekurangan juga, maka saran saya semoga hasil kritikan dan pembahasan terhadap jurnal ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi unruk kedepannya lebih baik lagi. Akhirnya, semoga kajian atau hasil CJR ini memberikan manfaat yang bermakna bagi setiap pembaca.


DAFTAR PUSTAKA
Pacauskas, Darius. 2017. Information system users’ creativity: A meta-analysis of the link between IT use and creative performance. Information Technology & People. Vol. 30. Isu. 1.

Komentar

  1. Bagus.. tpi kalau bisa spasi antara per-point dan kalimat baru itu ada.. biar agak rapi.. good job sob

    BalasHapus
  2. Tata cara penulisannya bagus, terstruktur πŸ‘ semangat...

    BalasHapus
  3. Penulisannya sudah bagus, mudah dipahami, semoga bermanfaat buat semuanya😊

    BalasHapus
  4. Informasi yang disampaikan sangat mudah di pahami.
    Sukses terus... 😊😊😊

    BalasHapus
  5. isi nya bagus, dan memiliki tertata dengan baikk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Dalam Layanan Sirkulasi (Keangotaan)

Sumber Informasi Perpustakaan