Sumber Informasi Perpustakaan


              Pada dasarnya perpustakaan itu berfungsi sebagai penyimpanan, pelestarian dan penyebarluasan informasi dari masa ke masa. Perpustakaan menyediakan sumber informasi seperti sumber informasi primer, sekunder, tersier, dan sumber informasi lainnya seperti melalui internet. Karena sumber-sumber ini sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh pengguna untuk kebutuhan suatu akademik atau universitas.
Adapun cara mendekatkan informasi-informasi itu kepada pemustaka, maka perpustakaan haruslah sering menyelenggarakan kegiatan pameran, diskusi buku, pelatihan-pelatihan tentang bagaimana mengakses dan mendapatkan informasi yang ada di perpustakaan dengan efektif dan efisien. Serta pelatihan lainnya yang dapat mengajak dan menyadarkan para pemustaka untuk lebih mencintai perpustakaan yang dikarenakan kemudahan dan beraneka ragam informasi yang tersedia di perpustakaan.
Pada hakikatnya, perpustakaan tanpa adanya kegiatan pemanfaatan sumber informasi oleh pengguna perpustakaan, hanya akan dipandang sekedar sebuah gedung yang tanpa artinya.

Defenisi Perpustakaan
Menurut Reiitz dalam buku Jonner Hasugian berjudul Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, mendefenisikan perpustakaan adalah koleksi atau sekumpulan koleksi buku atau bahan lainnya yang diorganisasikan dan dipelihara untuk penggunaan atau keperluan (membaca, konsultasi, belajar, meneliti), dikelola oleh pustakawan dan staf terlatih lainnya dalam rangka menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
Dapat digambarkan bahwa perpustakaan adalah tempat penyimpanan koleksi-koleksi yang disusun menurut sistematis untuk digunakan pengguna mencari informasi yang dibutuhkannya.
Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi
Menurut Yusuf(1995:16), sumber informasi adalah tempat terkumpulnya sumber-sumber informasi atau wadah-wadah tadi. Kalau suatu buku adalah informasinya, maka disebut dengan sumber informasi adalah buku itu sendiri yang berfungsi sebagai penyimpanan dan penampungan informasi, sedangkan pusat sumber informasi bisa bermakna tempat terkumpulnya buku-buku atau sumber-sumber informasi buku atau sumber-sumber lainnya.
Dalam hal ini perlunya kita pahami bahwa sumber informasi perpustakaan seharusnya kita tafsirkan sebagai sumber informasi yang telah dikelola dan mempunyai makna-makna tersendiri, dan informasi penting yang dibutuhkan untuk mencari beraneka macam informasi sesuai kebutuhan.


Jenis-Jenis Sumber Informasi Perpustakaan
Menurut Siti Sumarningsih(2001:2), pada umumnya sumber informasi itu dapat dibedakan atas bahan cetakan seperti buku, terbitan berkala(majalah) dan bahan bukan buku/cetakan seperti microfilm, microfis, film, video kaset, kaset rekaman suara, CD(Compact Disk). Lebih dari itu, menurut Abdul Rahman(2009:14) sumber infromasi perpustakaan dijelaskan sebagai berikut:

1) Sumber Informasi Primer
Sumber informasi yang mendukung penulisan hasil penelitian dan observasi anda baik dalam bentuk tesis, disertasi dan skripsi maupun dalam bentuk laporan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah dan dalam bentuk-bentuk lainnya.
a. Makalah pertemuan dan laporan                   konferensi
b. Tesis dan Disertasi
c. Artikel Ilmiah
d. Terbitan beseri

2) Sumber Informasi Sekunder
Sumber informasi sekunder adalah segala jenis ringkasan sumber primer, dan merupakan alat bantu untuk menemukan sumber primer. Contohnya itu ensiklopedia, kamus, bibliografi, kumpulan indeks, kumpulan abstrak, sumber biografi, dan katalog perpustakaan.(Soeatminah: 50-51)

3) Sumber Informasi Tersier
Sumber tersier adalah ringasan dari sumber sekunder, contohnya:
a. Indeks Abstrak
b. Bibliografi

4) Sumber Informasi Referensi
Merupakan terbitan khusus yang direncanakan dan ditulis dengan maksdu untuk berkonsultasi mengenai suatu hal atau informasi tertentu dan disusun secara alfabetis, kronologis atau indeks yang rinci. Jenis nya itu adalah:
a. Buku yang memuat informasi dibutuhkan, kamus, ensiklopedia, buku pegangan, kamus biografi, atlas dan sebagainya.
b. Buku yang memberikan rujukan atau petunjuk informasi. Indeks, abstrak, dan bibliografi.

Dari uraian di atas dapat kita pahami kesimpulan dari perpustakaan, yaitu sebuah tempat penyimpanan berbagai banyak informasi yang disebut bahan pustaka, disusun secara sistematis untuk memeudahkan pemustaka dalam pencarian informasi yang ada di perpustakaan. Untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan, terlebih dahulu haruslah mengenal sumber-sumber informasi apa saja yang tersedia di dalam perpustakaan. Semua sumber informasi itu dapat kita rangkum seperti sumber informasi primer, sekunder, tersier dan koleksi referensi seperti paparan di atas harus ditingkatkan dan infromasinya harus yang baru atau muktahir agar menunjang kegiatan civitas akademik.


Sumber
Hasugian, Jonner. 2009. Dasar-Dasar Ilmu               Perpustakaan Dan Informasi. Medan:             USU Press.
Sumarningsih, Siti. 2001. Pengembangan.                  Koleksi Perpustakaan. Jurnal Al-                      Maktabah: Komunikasi Dan.                            Informasi Perpustakaan. No. 1, Vol. 3.
Yusuf, Pawit M. 1995. Pedoman Praktis.                    Mencari Informasi. Bandung:                          Remaja. Rosdakarya.
Soeatminah. 1992. Perpustakaan.                                Kepustakawanan dan Pustakawan.                Jakarta: Kanisius.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CRITICAL JOURNAL REVIEW

Kegiatan Dalam Layanan Sirkulasi (Keangotaan)